Bazar Produk Warnai Rapat Anggota Tahunan Kopwan Sekar Arum

Koperasi Wanita "Sekar Arum" dampingan Yayasan Satu Karsa Karya mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Jumat, 7 Februari 2020 bertempat di Balai Dusun Ngijo, Desa Semin, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. RAT Kopwan Sekar Arum dihadiri Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Kepala Desa Semin, pendamping dari YSKK dan 45 orang pengurus serta anggota koperasi.

Ada yang berbeda dari RAT Koperasi Sekar Arum tahun ini. Selain dilaksanakannya penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas dalam satu tahun 2019, Penyampaian RAPBK dan Rencana Kerja 2020, RAT Kopwan Sekar Arum juga terdapat bazar produk usaha dari anggotanya. Produk usaha yang ditampilkan dalam bazar antara lain krupuk gendar, tiwul instan, gatot instan, beras merah, emping garut dan aneka jus buah kemasan. Diadakannya bazar bertujuan untuk promosi produk usaha anggota juga agar anggota lain dapat lebih bersemangat dalam melakukan usaha.

"Koperasi Wanita merupakan kartini dalam perekonomian desa." Ujar Widagdo selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Gunungkidul. "Kopwan Sekar Arum berpengaruh besar dalam mengurangi pengangguran dengan menciptakan usaha dagang." Imbuhnya.

Pada kegiatan ini, Kopwan Sekar Arum juga melaporkan hasil kerjanya selama tahun 2019. Koperasi yang beranggotakan 68 orang ini telah berhasil mengelola aset hingga 47 juta dan terus mengalami peningkatan baik modal, SHU maupun hutang jangka pendek. Dengan Aset tersebut diharapkan anggota koperasi bisa memanfaatkan jasa layanan yang ada di koperasi secara aktif sehingga tidak mudah tergiur dengan penawaran pinjaman online dengan bunga tinggi.  (MSA)