Laba Kopwan KPM Meningkat Sembilan Kali Lipat

GUNUNGKIDUL-Laba Koperasi Wanita (Kopwan) Karya Perempuan Mandiri (KPM) meningkat sembilan kali lipat sejak koperasi dibentuk tahun 2010. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pengurus Kopwan KPM pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi tahun buku 2019, Jumat (10/01) di Balai Dusun Randusari, Watusigar, Gunungkidul. 

"Sembilan tahun lalu laba koperasi hanya Rp 3 juta, saat ini laba yang dihasilkan sebesar Rp 27 juta," ujar Ngatemi, saat menyampaikan laporan perkembangan koperasi kepada anggota yang hadir. 

Peningkatan laba tersebut seiring dengan perkembangan jumlah anggota, per akhir 2019 tercatat sebanyak 132 perempuan tergabung menjadi anggota koperasi. 

"Tahun 2019 Kopwan KPM juga menginisiasi unit usaha baru yakni kredit barang yang memberikan kontribusi keuntungan bagi koperasi," imbuh Emi. 

Selain laba, Kopwan KPM mampu menekan angka kredit macet hingga 50 persen dibandingkan tahun 2018. Hal ini dikarenakan pengurus lebih aktif mengendalikan kredit macet dengan melakukan studi kelayakan bagi anggota yang mengajukan pinjaman. 

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kinerja para perempuan pengelola Kopwan KPM. Hal ini sejalan dengan peran perempuan sebagai kepala keuangan rumah tangga. 

"Dengan pengelola keuangan yang semuanya perempuan maka tidak mungkin koperasi ini tidak akan berjalan dengan baik," kata Camat Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, Slamet Winarno, saat memberikan sambutan. 

Kegiatan yang diikuti 90 anggota koperasi tersebut memperoleh apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Bupati Kabupaten Gunungkidul Hj.Badingah. Dimana Kopwan KPM merupakan koperasi kelima yang mampu menyelenggarakan RAT tercepat dan mampu menyusun laporan pertanggungjawaban dengan baik. 

Kepala Desa Watusigar, Giman, juga mengapresiasi Kopwan KPM sebagai satu-satuya koperasi perempuan di Desa Watusigar yang masih eksis, makin berkembang dan mampu memajukan ekonomi desa serta turut berkontribusi pada perkembangan desa.(ams)