Praktik Olahan Makanan, Strategi Kopwan KPM Undang Anggotanya

Umumnya para perempuan anggota koperasi sudah disibukkan dengan aktivitas-aktivitas sosial dan domestik seperti menggarap ladang mulai dari persiapan tanam hingga panen, hajatan, dan berbagai aktivitas lainnya. Sehingga seringkali mereka memilih absen untuk menghadiri pertemuan anggota yang diselenggarakan koperasi. 

Tapi, Koperasi Wanita (Kopwan) Karya Perempuan Mandiri punya cara tersendiri untuk menarik minat anggotanya dalam mengikuti pertemuan. Yakni dengan menyelenggarakan arisan setiap dua bulan sekali dan menjadikan pertemuan rutin bulanan sebagai media untuk meningkatkan kapasitas anggotanya. 

Seperti Rabu (11/09) kemarin, kegiatan yang diselenggarakan di Sekretariat Kopwan di Semin, Gunungkidul menghadirkan narasumber yang memfasilitasi praktik pembuatan kue putu. Tercatat 50 anggota hadir pada pertemuan yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 11 setiap bulannya ini. 

Menurut Pendamping YSKK, Lusiningtyas, praktik membuat kue basah tersebut sekaligus untuk memberi inspirasi usaha bagi anggota. "Kue basah ini kan sering jadi snack saat ada kegiatan di desa. Seringkali mereka pesan di luar desa, padahal bahan-bahan untuk membuatnya kan cukup mudah didapat," ujar Lusi. (ams)