Jangkau Pasar Lebih Luas dengan Internet

“Pengguna internet di Indonesia yang tumbuh setiap tahunnya, dapat dimanfaatkan perempuan pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke mancanegara,” ujar Pegiat Pemberdayaan Perempuan YSKK, Lusiningtyas, Senin (09/09).

Perkembangan teknologi internet yang semakin massif memberikan peluang sekaligus tantangan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Data Statista 2019 menunjukkan pengguna internet di Indonesia pada 2018 sebanyak 95,2 juta, tumbuh 13,3% dari 2017 sebanyak 84 juta pengguna. Menurut data yang dihimpun Global Web Index yang dirangkum oleh We Are Social dan Hootsuite, sebanyak 86 persen pengguna internet Indonesia melakukan belanja online melalui perangkat apapun. Tingkat belanja online pengguna internet Indonesia adalah yang tertinggi dibanding Negara di kawasan Asia Tenggara lain (cnnindonesia).

 “Pemasaran produk UMKM di sosial media seperti Facebook dan Instagram serta marketplace itu kan tidak terbatas oleh waktu karena bisa diakses 24 jam, tidak seperti bisnis offline lainnya. Selain itu murah dan efisien, tidak perlu membuat outlet secara fisik,” katanya.

Ia menambahkan, dengan memanfaatkan ruang diskusi atau email yang ada sangat memudahkan pelaku usaha untuk berkomunikasi secara interaktif dengan konsumen.

Akan tetapi, berdasarkan pengalamannya mendampingi perempuan pelaku UMKM di Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta sejak tahun 2009 lalu, belum banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan pemasaran secara online.

“Umumnya perempuan pelaku UMKM ini kan usianya di atas 45 tahun, yang seringkali sudah disibukkan dengan urusan rumah tangga dan kegiatan produksi. Sehingga mereka belum memahami bahwa internet, selain bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi untuk memperbaiki kualitas produk juga berguna untuk meningkatkan penjualan produknya,” jelas Lusi.

Beberapa perempuan pelaku UMKM yang berjualan secara online, biasanya dibantu oleh anggota keluarga—dalam hal ini anak—yang secara umur lebih muda dan memiliki ketertarikan terhadap sosial media.