Pelatihan Manajemen Usaha Mikro-Kecil

Usaha mikro-kecil merupakan basis kekuatan ekonomi kerakyatan yang cukup tangguh menghadapi krisis. Usaha mikro-kecil dapat menjaga stabilitas ekonomi domestik, karena sifatnya yang mandiri dan tidak menggantungkan diri pada kondisi ekonomi makro. Pelatihan usaha mikro ini dirancang secara khusus untuk meningkatkan usaha masyarakat dampingan sehingga lebih berkembang dan mandiri. Calon dan pelaku usaha mikro serta  pendamping usaha mikro menjadi target peserta pelatihan yang tepat, sehingga akan memiliki kapasitas dan mampu mengelola serta mendampingi pelaku usaha mikro-kecil dengan baik.

 

Pelatihan yang dilaksanakan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa (andragogi), interactive learning dan Appreciative Inquriy (AI). sehingga metode yang diterapkan pun menyesuaikan pendekatan tersebut. Metode partisipatif dengan menempatkan peserta sebagai sumber belajar dengan metode penyampaian beragam, seperti curah pendapat, diskusi kelompok, pleno, games, studi kasus, dan lain sebagainya; akan menjadikan pelatihan yang difasilitasi YSKK lebih mudah diterima oleh peserta. Proses pelaksanaan pelatihan umumnya mengedepankan pendekatan Participant's Point of View, dimana solusi yang dimunculkan atas sebuah permasalahan berbasis kebutuhan peserta dan bersifat kontekstual (sesuai kebutuhan usaha mikro-kecil/lembaga masing-masing peserta).

 

Fasilitator yang ditugaskan untuk melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan adalah staf/ konsultan YSKK yang memiliki keahlian, pengetahuan, dan pengalaman yang cukup dalam proses fasilitasi program pemberdayaan masyarakat dan pendampingan usaha mikro-kecil.

 

  • Event Details

  • Date: 2019-07-22 | 08.00 - 16.00
  • Location: Kota Surakarta
  • Kuota:15 orang
  • Tarif Tiket: Rp 1.500.000,-