14 Produk Unggulan Perempuan Penyintas Sulawesi

Proyek Pemulihan Tahap Awal Sulawesi yang terselenggara atas kolaborasi antara ChildFund Indonesia dan Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) telah menghasilkan berbagai capaian diantaranya teridentifikasinya 14 produk unggulan dari 20 kelompok dampingan yang tersebar di area Palu, Sigi, Donggala. 

Melalui proyek ini, selain memberikan bantuan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, YSKK juga memberi pendampingan pengembangan kemasan atau packaging produk bagi perempuan pengusaha mikro yang menjadi sasaran proyek. Pasalnya, kemasan yang menarik sebuah produk dapat meningkatkan nilai jual produk tersebut. 

Setidaknya menurut Pegiat YSKK yang berproses di Palu, Iwan Setiyoko, setelah kemasan didesain ulang dan dipamerkan pada kegiatan Forum Berbagi Pengalaman & Pembelajaran pada 27 Agustus lalu, terdapat peluang potensial untuk memperluas penjualan produk. 

"Produk-produk perempuan penyintas di area Palu akan dipasarkan di Gerai "Perempuan Bercerita". Gerai ini merupakan inisiasi YSKK dengan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Keluarga DP3A Kota Palu," ujar Iwan. 

Ia menambahkan, gerai permanen tersebut ke depannya akan dijadikan pusat pemberdayaan perempuan dan penjualan produk-produk perempuan.

"Sejauh ini respon berbagai pihak cukup baik. Tinggal bagaimana mendorong perempuan-perempuan pengusaha mikro ini untuk lebih aktif membangun jaringan dan menawarkan produk-produknya serta perlu inovasi untuk mengembangkan produk karena persaingan ke depan akan semakin ketat," pungkas Iwan. (ams)