Perempuan Produktif dan Berdaya

Pelatihan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) merupakan salah satu bagian dari Program SERAT KARTINI (Sekolah Perempuan Cerdas Masa Kini) yang diinisiasi oleh DP3AP2KB Provinsi Jateng. Melalui program ini kelompok perempuan rentan bisa belajar bersama dan mendapatkan penguatan kapasitas mengenai pemberdayaan ekonomi, kesetaraan gender, serta peran perempuan dalam pengambilan keputusan.

Program PPEP merupakan suatu bentuk upaya mendorong ekonomi dan memperluas lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan dengan peningkatan kemampuan keterampilan dan kapasitas berwirausaha perempuan. Pasca pelatihan dibentuk kelompok PPEP agar para anggota terus berkembang bersama menjalankan kelompok usaha, serta berdaya bersama.

Tahun ini, YSKK memfasilitasi pelaksanaan pelatihan PPEP di wilayah Kabupaten Sukoharjo dan Sragen, dengan fokus pada optimalisasi pengolahan produk berbahan baku potensi lokal, seperti olahan berbahan tepung garut dengan kreasi bolu garut dan cendol dawet. Penentuan bahan tersebut berdasarkan hasil pemetaan potensi lokal daerah yang memiliki nilai ekonomis.

Produktivitas ekonomi perempuan akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, dan masyarakat secara umum. Dukungan multipihak sebagai support system keberdayaan perempuan perlu diperkuat secara berkelanjutan, sehingga kemandirian perempuan dan keluarganya dapat terwujud.