YSKK Launching Gerai UMKM Perempuan

SULTENG RAYA – Yayasan Satu Karya Karsa (YSKK) melaksanakan soft launching gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perempuan Bercerita di Hutan Kota Kaombona Palu, Rabu (18/9/2019).

Koordinator Unit Penggalangan Sumber Daya YSKK, Iwan Setiyoko, mengatakan, peresmian gerai terealisasi berkat sambutan hangat Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mendukung program pembinaan dilakukan pihaknya bersama Yayasan Chilfund.

Menurutnya, gerai itu sebagai pusat penjualan produk UMKM hasil binaan YSKK dan menjadi pusat pembelajaran bagi perempuan.

Di gerai itu, kata dia, para perempuan bisa sharing, bercerita dan berbagi pengalaman, sehingga ada take and give antara perempuan satu dengan lain, baik dalam orientasi mengembangkan UMKM maupun berbagi pengalaman tentang kebencanaan.

“Pertimbangan membuka gerai di sini (Hutan Kota) adalah peluang Hutan Kota sebagai spot pusat keramaian berdasarkan proyeksi pemerintah dalam hal ini DP3A Kota Palu. Mereka bercerita, ini akan menjadi pusat seni budaya dan ole-ole, jadi kalau ada tamu kedinasan untuk berkunjung semua akan diarahkan ke sini belum lagi masyarakat yang antusias,” tuturnya.

Project pengembalian mata pencaharian perempuan pascabencana sudah terbentuk sebanyak 20 kelompok, 556 anggota ekonomi perempuan di tiga lokasi terdampak. Pihaknya berkomitmen untuk terus mendampingi sehingga bantuan terus menerus berputar untuk menghasikan kesejahteraan bagi anggota.

“Hilir dari project ini nantinya akan dibuatkan mereka koperasi yang dapat mengakomodir dalam berbagai hal kepada anggotanya baik akses modal dan kesejahteraan setiap anggotanya,” ucapnya.

Khusus untuk gerai yang baru di launching, dirinya berharap, dalam waktu dekat segera membentuk koperasi sekunder yang berorientasi pada pemenuhan berbagai kebutuhan dalam mengembangkan usaha di gerai tersebut.

“Minimal koperasi sekunder. Kita juga sangat berkomitmen untuk mendampingi sesuai dengan standar kami,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dam UKM Sulteng, Eda Nur Ely mengapresiasi atas terealisasinya satu project YSKK yang telah direncanakan. Menurutnya, pantauan selama ini, YSKK sangat konsisten terhadap misi yang diemban untuk dieksekusi menjadi kenyataan.

“Selaku pemerintah kami sangat apresiasi. Kita melihat sangat konsisten, jarang ada NGO yang secara terus menerus mendampingi. Alhamdulillah semoga selalu seperti itu kedepan dan kami meminta terus bersinergi baik dengan kami (Pemprov) maupun Pemerintah daerah terdampak,” tutur Eda Nur Eli saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Diketahui, YSKK merupakan salah satu lembaga non-pemerintah alias NGO konsen terhadap pembinaan koperasi dan UMKM terdampak bencana. RHT

 

Sumber: https://sultengraya.com/84449/yskk-launching-gerai-umkm-perempuan/