Upcoming Event

Loading Event
01

January 1970

Pelatihan Bisnis Sosial Desa Berbasis Potensi Lokal

Latar Belakang:

Desa sebagai sebuah struktur wilayah dan pemerintahan terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus menjadi fokus dan basis utama implementasi program pemberdayaan masyarakat. Dengan otoritas kewenangan yang dimiliki oleh desa sebagaimana yang termaktub dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014 maka desa harus mampu merancang program-program pemberdayaan berbasis potensi lokal yang inovatif sebagai sebuah upaya penguatan ekonomi kerakyatan. Pelatihan Bisnis Sosial Desa Berbasis Potensi Lokal ini dirancang secara khusus untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam mengembangkan usaha produktif berbasis potensi desa yang berkelanjutan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya mewujudkan kemandirian desa dan masyarakat. Sehingga, Kepala Desa, Pamong/Aparatur Desa, BPD, LKMD, Fasilitator/ Pendamping/Pegiat Desa, serta pejabat Dinas/SKPD menjadi target peserta yang tepat untuk terlibat aktif dalam pelatihan ini.

Materi:

Konsep Dasar Pengembangan Ekonomi Desa Berbasis Potensi Lokal

Identifikasi dan Pemetaan Potensi Desa secara Partisipatif

Pengembangan dan Pengelolaan Bisnis Sosial Berbasis Potensi Desa

Langkah-langkah Pendirian Bisnis Sosial

Optimalisasi Pengelolaan Bisnis Sosial

Strategi Pemasaran dan Membangun Jaringan

Kunjungan Lapangan

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

 

Fasilitator:

Fasilitator pelatihan adalah Tim Konsultan YSKK yang mempunyai pengetahuan, keahlian, dan pengalaman dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan. Sedangkan Narasumber pelatihan akan menghadirkan Bapak Wahyudi Anggoro Hadi (Kepala Desa Panggungharjo) dan/atau Bapak Yanni Stiadiningrat (Sekretaris Desa Ponggok) selaku pegiat dan praktisi desa yang telah sukses membawa perubahan di desanya, melalui pengelolaan BUMDes yang berkelanjutan.

 

Metode:

Pelatihan ini menggunakan kombinasi serta modifikasi antara Andragogi (Pendidikan Orang Dewasa/POD), interactive learning dan Appreciative Inquriy (AI). Semangat yang diusung adalah partisipatif, menghargai berbagai capaian yang telah diraih dan mengembangkannya secara kritis untuk menjangkau masa depan yang lebih baik. Pendekatannya dengan menggali pengalaman peserta sebagai orang dewasa, menempatkan warga belajar sebagai subyek belajar, dan menerapkan teknik pembelajaran partisipatif.

Proses pembelajaran dilakukan di ruangan dan di luar ruangan (belajar langsung di lapangan). Pembelajaran di lapangan akan dilakukan di BUMDes Panggung Lestari Desa Panggungharjo, Bantul dan/atau BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Klaten yang telah sukses mengelola BUMDes berbasis potensi desa dan menjadi percontohan nasional. Metode pembelajaran yang digunakan sangat variatif sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai; seperti ceramah tanya jawab, diskusi, roleplay, brainstorming, curah pendapat, praktik, penugasan, game, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Waktu Pelaksanaan: 23-26 April 2019

Lokasi Pelaksanaan: Surakarta, Jawa Tengah

Biaya: Rp 1.500.000,-

Fasilitas: Lunch, 2 coffee break, training kit

Persyaratan: Panitia berhak menunda/membatalkan pelatihan jika peserta yang mendaftar kurang dari 8 peserta.

Event Details