Layanan Konsultasi

  • Home
  • Layanan Konsultasi

TENTANG UNIT LAYANAN KONSULTASI

Unit Layanan Konsultasi merupakan bagian dari unit kerja Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) yang fokus pada penyediaan jasa untuk mendukung berbagai pihak melaksanakan program berbasis pemberdayaan masyarakat.

 

Misi dari Unit ini adalah menyediakan data dan membantu meningkatkan kinerja para pelaku pemberdayaan masyarakat agar mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai program secara efektif dan berkelanjutan.

 

Misi ini didasari akan tuntutan peran pelaku pemberdayaan masyarakat agar mampu menyesuaikan dengan tingginya dinamika sosial, sehingga membutuhkan peningkatan kapasitas berkelanjutan serta basis data yang kuat. Hal ini berangkat dari keyakinan bahwa kapasitas pelaku pemberdayaan masyarakat yang baik dan ketersediaan data yang akurat akan memberi dampak positif bagi masyarakat yang dilayani.

JENIS LAYANAN

PELATIHAN
Pelatihan

 

Membantu para pelaku pemberdayaan masyarakat melalui berbagai jenis pelatihan, baik yang diselenggarakan secara reguler oleh YSKK maupun atas permintaan pihak ketiga. Pelatihan akan membantu secara individu meningkat pengetahuan, ketrampilan dan sikapnya, sedangkan secara organisasi akan membantu memperkuat aspek manajemen dan programnya.

 

Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah modifikasi antara Pendidikan Orang Dewasa (POD) dengan Apreciative Inquiry. Semangat yang diusung adalah partisipatif, menghargai berbagai capaian yang telah diraih dan mengembangkannya secara kritis untuk menjangkau masa depan yang lebih baik.

 

Beberapa kompetensi utama kami:
– Ekonomi lokal dan usaha mikro kecil (UMK)
– Keuangan mikro (Koperasi, LKM, KSM, dll)
– PAUD berbasis masyarakat
– Pemberdayaan masyarakat berbasis aset
– Advokasi dan perubahan sosial
– Metode pelatihan partisipatif dan apreciative inquiry
– Pembangunan desa partisipatif
– Manajemen sekolah partisipatif
– Metodologi penelitian partisipatif
– Pengembangan organisasi dan program
Knowledge management dan komunikasi organisasi

Penelitian

 

Membantu para pelaku pemberdayaan masyarakat mendapatkan data/informasi, tanggapan dan penilaian dari berbagai sumber terkait sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan program dan/atau peraturan perundang-undangan.

 

Pendekatan penelitian yang kami gunakan berbasis aksi partisipatif apresiatif yang bertumpu pada aset.

 

Beberapa kompetensi utama kami:
– Penilaian kebutuhan (need assessment)
– Pemetaan atau analisis sosial
– Pengumpulan data awal (base line survei)
– Evaluasi program

Tim konsultan

Kami didukung lebih dari 12 Konsultan tetap dan assosiate, memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dengan berbagai bidang keahlian yang beragam. Kami selalu menjaga kualitas kerja kami dengan selalu memperbaharui pendekatan dan metode kerja kami serta memadukan antara teori dengan praktik sehari-hari di lapangan. Karena para Konsultan kami sekaligus para praktisi dibidangnya masing-masing. Dengan demikian, layanan yang kami miliki selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan para mitra kami dan dinamika masyarakat.

 

Kami berkomitmen untuk selalu menjaga kepercayaan mitra dan akan memastikan setiap investasi peningkatan kapasitas akan berkontribusi terhadap pencapaian misi organisasi, melalui paket pelayanan kami yang berkelanjutan.

PENGALAMAN KAMI

 

MITRA KAMI

Pemerintah

 

Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo, PNPM Mandiri Perdesaan (Jawa tengah, Magelang, Sragen, Boyolali, Karanganyar, Blora, Wonogiri).

NGO/CSO

 

World Vision Indonesia, Plan International, Church World Services, Ausaid, ACT, LPMAK, ChildFund International, TFCA, Karinakas, Sahabat Cipta Foundation

swasta

 

Pt. Japfa, ExxonMobile Cepu Limited

kata mereka

“Luar biasa. Materi yang dibagikan mulai hari pertama sangat berguna bagi kami untuk mengembangkan program. Metodenya cukup bagus karena selama berproses tidak hanya mendengar, kami juga diajak berdiskusi dan memberikan masukan kondisi desa layanan kami. Diskusi dua arah saling memberikan manfaat.” (Cristho Selan – WVI)

 

“Materinya menarik, cara penyampaiannya juga nyentrik jadi materi yang terkesan berat itu terasa ringan dan mudah dipahami.”

(Utma – PT. Japfa)