PAUD Candi Asri Inisiasi Gerakan Jajanan Ramah Anak

10

Oktober 2016

Prihatin dengan banyaknya penjual makanan dan minuman instan di lingkungan sekolah, PAUD Candi Asri menginisiasi gerakan jajanan ramah anak. “PAUD Candi Asri terletak di satu lokasi dengan TK dan SD, sehingga banyak sekali penjual yang menjajakan makanan dan minuman instan di sekitar kompleks pendidikan ini. Untuk itu kami ingin menggugah kesadaran orangtua tentang dampak mengkonsumsi makanan instan pada anak,” jelas salah satu pendidik, Rahma, beberapa waktu lalu.

Jika dikonsumsi terus menerus, menurut Rahma, akan berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang anak. “Beberapa penelitian menyebutkan terlalu banyak mengkonsumsi jenis panganan seperti itu tidak baik bagi kesehatan. Apalagi usia dini merupakan usia emas perkembangan anak, tentu kita perlu berusaha memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan yang sehat,” imbuhnya.

Lembaga pendidikan yang terletak di Weru, Sukoharjo, tersebut ingin membangun sinergi dengan berbagai pihak seperti pendidik, orang tua, pedagang, anak didik, dan tokoh masyarakat setempat. “Targetnya bulan ini (Agustus) sudah mulai berkomunikasi dengan TK dan SD terkait menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak,” ujar Rahma.

Menurut pendamping YSKK, Dewangga Saputra, sinergi berbagai pihak diperlukan agar gerakan yang diinisiasi dapat berkelanjutan. “Makanan sehat menjadi pintu masuk PAUD Candi Asri menuju lembaga pendidikan yang ramah anak, tentu untuk mewujudkannya memerlukan dukungan, terutama dari orangtua. Seringkali mereka tidak tega ketika anaknya merengek minta jajan,” terangnya.

Inisiasi gerakan yang terpilih sebagai juara II ajang Social Innovation Competition (SIC) pada Mei lalu ini berevolusi menjadi Gerakan Cinta Mama dan masuk sebagai program tahunan di KB TP Candi Asri. (ams)

 


Tags:
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *