Pemberdayaan Anak

  • Home
  • Pemberdayaan Anak

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak melalui layanan pendidikan yang berkeadilan dan berkualitas. Ruang lingkup kegiatannya meliputi Pengembangan Lembaga PAUD Berbasis Masyarakat, Pengembangan Sekolah MANTAP (Manajemen Transparan, Akuntabel dan Partisipatif) dan Penguatan Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan melalui Revitalisasi Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan.

 

 

Kelompok sasaran dari program ini adalah anak usia dini, pengelola lembaga PAUD, komite sekolah, dewan pendidikan, kepala sekolah dan guru.

Inovasi yang "Sudah" dan "Sedang" YSKK Lakukan

Pendidikan Gender di Sekolah (Taman Kanak-Kanak/RK dan Sekolah Dasar/SD)

 

Program yang diinisiasi pada April 2003 – Februari 2008 di Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, ini bertujuan untuk mendorong penanaman nilai-nilai kesetaraan dan keadilan gender sejak usia dini melalui jalur pendidikan formal (TK dan SD).

Taman Pintar – Taman Tumbuh Kembang Anak

 

Program yang diinisiasi sejak September 2009 s/d sekarang di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, ini sebagai Pusat Pembelajaran Anak Usia Dini yang Berbasis Masyarakat untuk meningkatkan akses terhadap layanan pendidikan yang mudah, berkualitas dan berkeadilan bagi  anak usia dini.

Sekolah MANTAP (Manajemen Transparan, Akuntabel, Partisipatif)

 

Program yang diinisiasi sejak Juni 2012 s/d sekarang di Kota Surakarta, Kabupaten Gunungkidul dan Lampung, ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan sekolah melalui perbaikan tata kelola yang transparan, akuntabel dan partisipatif; serta mendorong adanya kebijakan yang memperkuat partisipasi masyarakat dalam mengupayakan peningkatan kualitas layanan pendidikan.

Penguatan Masyarakat Sipil dan Akuntabilitas Sosial

 

Program yang akan dijalankan selama tiga tahun (2018 s/d 2020) di Kabupaten Kupang, Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, ini bertujuan untuk meningkatkan akses pada pendidikan dan pengembangan Anak Usia Dini yang inklusif dan ramah anak.