Pemberdayaan Perempuan

  • Home
  • Pemberdayaan Perempuan

Program ini bertujuan untuk memperkuat kedaulatan perempuan dalam bidang ekonomi dan politik. Ruang lingkup kegiatannya meliputi Penguatan Peran Perempuan dalam Politik Pembangunan Desa dan Pengembangan Kewirausahaan Social Berbasis Perempuan.

Kelompok sasaran dari program ini adalah perempuan penyelenggara pemerintahan desa (aparatur pemerintah desa, BPD), kader-kader muda TP-PKK desa, koperasi perempuan/kelompok ekonomi perempuan, serta kelompok kepentingan perempuan lainnya yang ada ditingkat desa.

Inovasi yang "Sudah" dan "Sedang" YSKK Lakukan

Pengembangan Koperasi Perempuan Perajin Gerabah 

 

Program yang diinisiasi pada April 2003 s/d Maret 2005 di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, ini bertujuan untuk mengorganisir dan meningkatkan kapasitas perempuan perajin gerabah/tembikar agar mampu mengelola usahanya secara berkelanjutan dan menguntungkan.

Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Perempuan 

 

Program yang diinisiasi sejak 2009 s/d sekarang di Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, ini bertujuan untuk mengorganisir perempuan melalui koperasi dan meningkatkan kapasitas perempuan agar lebih berdaya dari aspek ekonomi sebagai modal menuju pemenuhan hak-hak dasar lainnya.

Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) melalui Penguatan PKK

 

Program yang diinisiasi pada September 2009 s/d Oktober 2010 di Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi perempuan dalam Musrenbangdes.

Reformasi PKK – Sebagai langkah Strategis Pemenuhan Hak-Hak Perempuan

 

Program yang diinisiasi pada Februari 2011 s/d Januari 2012 di Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, ini bertujuan untuk menguatkan keberadaan PKK agar mampu menjadi agen perubahan dalam mendorong pemenuhan hak-hak publik strategis perempuan.

 

Memperkuat Peran Perempuan dalam Politik Pembangunan Desa

 

Program yang diinisiasi sejak November 2013 s/d sekarang di Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan peran perempuan (perempuan penyelenggara pemerintahan desa dan kelompok kepentingan perempuan) dalam politik pemerintahan desa.

Investasi Sosial Masyarakat untuk Gerakan Pemberdayaan Perempuan di Nusa Tenggara Timur 

 

Program yang diinisiasi sejak Januari 2015 s/d sekarang ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan pemasaran produk tenun.

Pengembangan Bank Sampah

 

Program yang diinisiasi sejak Januari 2018 s/d sekarang di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah,  ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari, serta terbangunnya budaya bersih, sehat dan ramah lingkungan.