YSKK dan Koperasi Perempuan Gunungkidul Inisiasi Sekolah Kewirausahaan Perempuan

25

Maret 2019

Gunungkidul – YSKK bersama Kopwan (Koperasi Wanita) Sekar Arum Gunungkidul, menginisiasi Sekolah Kewirausahaan Perempuan yang merupakan sebuah wadah bagi perempuan yang memiliki dan atau sedang merintis usaha mikro kecil dalam mengembangkan usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sekolah Kewirausahaan Perempuan ini dilaksanakan perdana pada Jum’at (22/03) bersamaan dengan pertemuan rutin anggota koperasi di Balai Padukuhan Ngijo, Semin, Gunungkidul.

“Saat pertemuan rutin biasanya anggota datang hanya untuk melakukan transaksi dengan bendahara koperasi, setelah itu pulang. Memanfaatkan momentum berkumpulnya pengurus dan anggota koperasi inilah akhirnya muncul insiatif menyelenggarakan sebuah forum yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota dalam menjalankan usaha,” terang Pendamping YSKK Lusiningtias.

Lebih lanjut, Lusi mengatakan materi yang akan menjadi topik bahasan merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan anggota.
“Misalnya, membutuhkan ketrampilan membuat egg roll. YSKK akan memfasilitasi dengan menghadirkan narasumber. Narasumbernya tidak perlu yang dari jauh tapi mengundang Bu Surati (warga setempat) yang memang ahli dalam membuat egg roll,” tuturnya.

Kedepan, Lusi berharap selain Kopwan Sekar Arum, kegiatan serupa bisa juga diselenggarakan di dua Kopwan dampingan YSKK yakni Kopwan Mitra Usaha Perempuan dan Kopwan Karya Perempuan Mandiri. “Tidak menutup kemungkinan pula misalnya ada kelompok ekonomi perempuan atau Desa Prima membutuhkan Sekolah Kewirausahaan Perempuan ini,” imbuhnya. (ams)


Tags: ,,,,
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *